PT Alamanda

 

 

15.

Nama Perusahaan

:

PT. Alamanda Sejati Utama

 

Jenis Usaha

:

Eksportir melati, buah dan sayuran segar (mangga, cabai besar, jagung manis, melon, salak, semangka, bawang, jahe, kacang kacang panjang, terung ungu)

 

Nama kontak person

:

Eko (Kepala Divisi)

Sadar (Kepala Gudang)

 

Alamat

:

Jl. Raya Maribaya KM. 10,5 Kecamatan Kramat

(gudang di Kabupaten Tegal)

 

No. HP

:

081573514949

081931277629

 

Alamat email

:

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

PT. Alamanda Sejati Utama adalah perusahaan pertanian swasta Indonesia yang menjual dan mengekspor sayuran, buah-buahan, dan bunga secara aktif terhadap negara-negara seluruh dunia.Didirikan di Jakarta pada tahun 2002 dan karena meningkatnya permintaan dari pelanggan, maka untuk memperluas area pabrik didirikanlah pabrik di Banjaran, Bandung Selatan, Jawa Barat pada tahun 2004. Bekerja dalam ruang yang lebih besar, fasilitas yang lebih baik dan peralatan, PT. Alamanda siap untuk memberikan barang segar dari Indonesia.

Selengkapnya...

Kripik Jagung

 

14.

Nama Kelompok Usaha

:

Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Sari

 

Produk yang dihasilkan

:

Keripik jagung

 

Nama kontak person

:

Sri Wahyuningsih

 

Alamat

:

Desa Kedawung Kecamatan Bojong

 

No. HP

:

081902480004

 

Keripik jagung adalah makanan khas Mexico. Di sana, makanan ini disebut tortila. Makanan ini juga populer di Amerika  Serikat. Usaha pembuatan keripik jagung ini memiliki peluang untuk dikembangkan menjadi industri rumahan yang sukses. Termasuk yang dilakukan oleh KWT Mekar Sari yang diketuai oleh Sri Wahyuningsih.

Keripik jagung mudah dibuat dengan menggunakan peralatan sederhana yang terdapat di rumah tangga. Pertama jagung dibuat berasan, kemudian direndam selama 1 -2 malam, lalu ditiriskan. Jagung berasan dibuat tepung dengan cara digiling lalu diayak. Kemudian tepung dari jagung diadoni dengan bumbu (garam halus, bawang putih dan air), lalu dikukus selama 30 menit. Setelah itu, adonan ditutu/dibuat gemblong, ditipiskan dan dicetak, lalu dikeringkan selama seharian jika panas terik.

Selengkapnya...

Emping Jagung

 

13.

Nama Kelompok Usaha

:

Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Tani

 

Produk yang dihasilkan

:

Emping jagung

 

Nama kontak person

:

Nunu

 

Alamat

:

Desa Blubuk Kecamatan Dukuhwaru

 

No. HP

:

087830040964

 

Kondisi permintaan pasar yang tinggi membuat berbagai pihak mulai melirik emping jagung sebagai salah satu komoditi usaha yang patut diperhitungkan. Salah satu diantaranya adalah Ibu Nunu (salah satu anggota KWT Sekar Tani). Wanita yang lahir di Malang, 53 tahun yang lalu tersebut sejak 4 tahun yang lalu mulai menekuni produksi emping jagung skala industri di rumahnya Desa Blubuk Kecamatan Dukuhwaru. Di tahun 2010 terbentuklah KWT Sekar Tani dengan Supeni sebagai ketuanya. Sejak produk ini (emping jagung) diperkenalkan di wilayah Kabupaten Tegal khususnya Slawi, respon pasar sangatlah positif, bahkan ketika lebaran sering kebanjiran order, sehingga tidak ada alasan untuk tidak menekuninya. Ditemui langsung di lokasi produksinya, Bu Nunu mengaku bahwa usaha tersebut merupakan perwujudan salah satu mimpinya yang ingin memberdayakan masyarakat di sekitarnya.

Selengkapnya...

Kacang Bogares

 

12.

Nama Kelompok Usaha

:

Koperasi Konsumen Ceria

 

Produk yang dihasilkan

:

Kacang bogares

 

Nama kontak person

:

Warmo

 

Alamat

:

1.  Jl. Pertigaan, Desa Bogares Kidul RT.02 RW.01, Kecamatan Pangkah

2.  Gang Menjangan 9 RT.01 RW.4 Desa Trayeman Kecamatan Slawi

 

No. HP

:

(0283) 3359865 085786020993

 

Facebook

:

https://id-id.facebook.com/AotletKacangBogaresCeriaTegalJawaTengah

 

Alamat email

:

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

Kacang Bogares merupakan salah satu oleh-oleh camilan khas Kabupaten Tegal. Kacang ini merupakan olahan kacang tanah yang berasal dari salah satu desa di Kabupaten Tegal yang bernama Bogares. Ini adalah kacang tanah biasa yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang khas. Kacang ini tidak digoreng namun disangrai sehingga tidak begitu banyak mengandung kolesterol.

Dalam proses pembuatannya, untuk menghasilkan kacang bogares yang siap dipasarkan perlu melalui beberapa tahap. Kacang yang sudah kering dimasukkan ke dalam mesin pengupas kacang, kemudian diayak agar kacang terpisah dengan kotorannya. Setelah bersih selanjutkan kacang direndam di dalam air tawar selama ±3 jam, kemudian diangkat dan direndam kembali ke dalam air garam berbumbu (penduduk setempat menyebutnya dibacem) selama semalaman. Dan setelah itu kacang dijemur hingga kering, baru kemudian kacang digoreng menggunakan pasir sambil dikorek-korek agar matangnya bisa merata. Biasanya proses penggorengan ini berjalan selama 20-30 menit dan bahan bakarnya masih menggunakan kayu bakar, setelah matang dan sudah dipisahkan dari pasir kemudian dikemas dan siap dipasarkan.

Selengkapnya...

Kapulaga

 

11.

Nama Kelompok Usaha

:

Asosiasi Petani Kapulaga

 

Produk yang dihasilkan

:

Kapulaga

 

Nama kontak person

:

Muhtarudin

 

Alamat

:

Jl. Lebakwangi Rt. 03/III

Desa Lebakwangi Kec. Jatinegara

 

No. HP

:

081326832153

 

Produk pertanian biofarmaka kapulaga sedang gencar-gencarnya dikembangkan di Kabupaten Tegal khususnya di 4 (empat) kecamatan, masing-masing Jatinegara, Bojong, Bumijawa, dan Balapulang. Dari keempat kecamatan tersebut, total lahan yang dikembangkan untuk sentra tanaman campuran jamu itu sekitar 364, 8 meter.

Budidaya kapulaga ini sebelumnya telah didukung Pemkab lewat terbitnya Surat Keputusan Bupati Tegal nomor 360/1286/2012 tentang penetapan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), yakni kapulaga. Dan dari empat kecamatan tersebut Jatinegara rupanya telah menjadikan kapulaga sebagai komoditas primadona.

Selengkapnya...

Rencana Strategis