PANEN PERDANA BAWANG PUTIH KEMITRAAN

POKTAN BERKAH TANI DESA TUWEL

 

 Slawi - Panen perdana bawang putih di Kelompok Tani Berkah Tani Desa Tuwel yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 30 Mei 2018 yang dihadiri oleh pihak managemen PT. Karunia Alam Segar dan PT. Prakarsa Alam Segar, Manajer PT. Wings dan Ibu Kepala Dinas Tan & KP Kab. Tegal  beserta Staf bertempat di lahan milik anggota Kelompok Tani Berkah Tani Desa Tuwel Kecamatan Bojong seluas 0,25 ha dari lahan kemitraan seluruhnya seluas 67,0 ha.

 

Varietas tanaman bawang putih yang ditanam petani adalah Jingga Sembalun dengan sistem tanam multiple cropping telah siap untuk dipanen pada umur 105 HST, dengan hasil yang cukup menggembirakan. Hal ini merupakan awal panen dari beberapa tanaman petani yang ikut dalam kemitraan tanam bawang putih dengan pihak importir. Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pertanian telah mewajibkan bagi para importir untuk melakukan kerjasama dengan petani lokal dengan tujuan agar tahun 2019 nanti dapat mengurangi impor dan mampu untuk berswasembada bawang putih seperti pada tahun era 1980an.

Kerjasama, kemitraan tanam bawang putih yang saling menguntungkan dan bagi hasil yang adil sehingga banyak menarik minat petani khususnya di daerah sentra bawang putih ; Tuwel, Buniwah, Guci, Bumijawa dan sekitarnya merupakan awal untuk menuju swasembada dengan dibarengi pengurangan dan stiop impor sehingga bawang putih akan kembali jaya di negeri sendiri.  Semoga...   

 

Rencana Strategis