PELATIHAN PASCA PANEN MELATI

 

Dalam rangka pengembangan kawasan melati Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kab. Tegal mengadakan Pelatihan Pascapanen Melati pada hari Kamis Tgl. 29 Desember 2016 bertempat di TTP Desa Kesuben Kec. Lebaksiu. Jumlah peserta pelatihan 25 orang yang terdiri dari unsur PKK Kecamatan sekabupaten Tegal, Dharma Wanita Kabupaten Tegal, Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Tani Melati.

 

Tujuan Penyelenggaraan Pelatihan Pascapanen Melati adalah :

-          memberikan pelatihan kepada peserta untuk dapat membuat aneka roncean dari bunga melati untuk kebutuhan dekorasi baik untuk acara pernikahan , rapat dll

-          memasyarakatkan penggunaan melati sebagai salah satu bahan  dekorasi untuk meningkatkan nilai

 

Pelatihan Pascapanen Melati juga dihadiri oleh  Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal ( Ibu Nurlela Entus Susmono ). Dalam Sambutannya Ibu Ketua Tim Penggerak PKK menyampaikan bahwa Dengan pelatihan ini diharapkan ibu-ibu bisa mengangkat dan memasyarakatkan kembali bunga melati untuk kegiatan sehari-hari dilingkungan masing-masing, sehingga keberadaan bunga melati bisa lebih eksis dan tidak tergusur oleh bunga lain, dan generasi  anak cucu kita tetap mengenal bunga melati sebagai salah satu bunga unggulan Kabupaten Tegal.”

 

Narasumber kegiatan pelatihan pascapanen melati adalah Kepala Dinas Tanbunhut Kab. Tegal dan Pelaku Usaha / Dekorator bunga hidup dari Kecamatan Warurejo.

Dalam paparannya Kepala Dinas Tanbunhut Kab. Tegal menyampaikan potensi dan perkembangan budidaya  melati di Kabupaten Tegal, dimana Kabupaten Tegal merupakan salah satu sentra produksi melati di Indonesia. Bunga Melati Kab. Tegal disamping sebagai bahan baku pembuatan teh juga merupakan salah satu produk ekspor dari Kab. Tegal. Pemasaran Bunga Melati sudah sampai ke Singapura, Malaysia, Bangkok, dan India.

 

Dalam pelaksanaan pelatihan peserta sangat antusias mengikuti pelatihan sampai berhasil membuat satu rangkaian bunga melati untuk bunga meja. Peserta berharap masih ada lagi pelatihan serupa yang diadakan oleh Dinas Tanbunhut Kab. Tegal untuk menambah ketrampilan ibu-ibu PKK dan Kelompok Wanita Tani.

Rencana Strategis